Senin, 09 Maret 2015

RANGKUMAN MATERI SMP Kelas 9 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Materi Kelas IX
INTERNET
            Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung antara satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan dan dapat menghubungkan komputer dan jaringan yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan digunakan antara lain World Wide Web (WWW), Email, Mailing List, IRC, FTP, Telnet, Newsgroup, dan sebagainya.
            Intranet merupakan sebuah jaringan internal perusahaan yang dibangun menggunakan teknologi internet. Komponen pembentuk intranet diantaranya : Aplikasi browser, komputer server, perangkat jaringan, protocol TCP/IP, bahasa pemprograman, komputer client, serta perangkat pembantu.
Selain internet dan intranet ada juga yang disebut dengan ekstranet.Ekstranet yaitu, jaringan komunikasi antar dua atau lebih institusi untuk kepentingan bisnis tertentu. Komunikasi datanya menggunakan jaringan yang sama dengan internet, namun bersifat tertutup sehingga yang berkepentingan saja yang dapat terhubung.
Perbedaan antara internet, intranet dan ekstranet yaitu pada perangkat kerasnya (hardware), jaringan (jangkauan jaringan tersebut), kecepatan akses, dan user yang digunakan.
Berbagai Aplikasi Internet
Aplikasi internet yang tersedia saat ini sudah sangat banyak dan askan terus bertamabah seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Bebarapa aplikasi internet yang popular diantaranya :
1.      World Wide Web
World Wide Web atau www biasa disebut web, merupakan aplikasi yang paling penting, karena memungkinkan komputer-komputer di internet saling mempertukarkan informasi dalam format dokumen khusus yang disebut dengan format hypertext dan hypermedia.
2.      Email
Emai adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Selain mengirim pesan, email juga dapat digunakan untuk mengirimkan file-file dokumen, gambar, video, suara, dsb.
3.      Mailing List
Sering juga disebut milis, yaitu aplikasi internet sebagai sarana berdiskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email.
4.      Newsgroup
Yaitu aplikasi internet untuk berkomunikasi dengan yang lain dalam sebuah forum.
5.      Internet Relay Chat
IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet (Chatting).Namun dilakukan dengan mengetik teks kemudian mengirimkannya.
6.      Telnet
Telnet yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Dan dapat digunakan jika kita mempunyai alamat IP dari komputer yang akan diakses dan juga hak akses ke komputer tersebut.
7.      VoIP
Voice Over Internet Protocol, adalah sebuah teknologi yang memungkinkan data suara dikirimkan melalui internet. Sehingga memungkinkan kita dapat berbicara langsung dengan orang lain di tempat yang jauh.
DOMAIN INTERNET
Di dunia internet terdapat beberapa Top Level Domain (TLD) yang sifatnya global. Beberapa yang sangat umum digunakan diantaranya sebagai berikut :
              .com  = untuk lembaga komersial
.org    = untuk organisasi biasanya tidak komersial
.gov    = untuk pemerintahan Amerika Serikat
.edu    = untuk universitas
Di Indonesia kita mengenal beberapa sub-domain untuk berbagai institusi, seperti :
 .co.id = lembaga komersial
.net.id            = ISP
.ac.id  = universitas
.sch.id            = sekolah
.or.id  = lembaga non-komersial
.web.id= situs pribadi
SEJARAH INTERNET DI DUNIA DAN DI INDONESIA
               Sejarah internet di dunia dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S membentuk program riset yang dikenal dengan nama ARPANET. Sedangkan sejarah internet di Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet dikenal sebagai Paguyuban Network.Tulisan-tulisan awal mengenai internet di Indonesia terinspirasi oleh kegiatan amatir radio pada tahun 1986. Ada beberapa institusi yang turut berkiprah di jaringan Paguyuban Net diantaranya: BPPT, LAPAN, UI, dan ITB.


Manfaat Internet
1.      E-Commerce
2.      Internet banking
3.      Media pembelajaran
4.      Sumber informasi
5.      Media komunikasi
6.      Media social networking online
Penyalahgunaan Internet
1.      Pencurian data
2.      Perjudian
3.      Pornogerafi dan prostitusi
4.      Penipuan
5.      Spamming
6.      Predator online


JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah interkoneksi antara dua komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Sedangkan Autonomous adalah jika sebuah komputer tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh, sehingga dapat membuat komputer lain restart, shutdown, kehilangan file, atau kerusakan sistem.
     Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi dan lain-lain.Jaringan internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer di seluruh dunia hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (ISP).
Macam-Macam Jenis Jaringan
1.Local Area Network (LAN), yaitu jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil. Umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada setiap gedung.
2.Metropolitan Area Network (MAN), yaitu jaringan yang meliputi area labih besar dari LAN. Misalnya antargedung dalam suatu daerah.
3.Wide Area Nertwork (WAN), yaitu jaringan yang biasanya sudah menggunakan wireless, karena jangkauan yang lebih luas, menjangkau wilayah negara lain.
Tipe-Tipe Jaringan Berdasarkan Fungsinya
1.      Jaringan  berbasis server (client server)
Merupakan server di dalam sebuah jaringan yang menyediakan mekanisme pengamanan dan pengelolaan jaringan tersebut.Jaringan ini terdiri atas banyak client dari satu atau lebih server.
2.      Jaringan peer-to-peer
Pada jaringan ini, client dan server berfungsi sekaligus.Keuntungannya : tidak memerlukan inventasi tambahan , tidak diperlukan seorang network administrator dan setupnya mudah serta meminta biaya yang murah.
3.      Jaringan Hybrid
Pada jaringan ini memiliki semua yang terdapat pada jaringan client server dan peer-to-peer. Sehingga pengguna dapat mengakses sumber daya yang dishare oleh jaringan peer, sedangkan diwaktu yang bersamaan juga dapat memanfaatkan sumber daya yang disediakan oleh server.
Macam-Macam Topologi Jaringan
1.      Topologi bus, merupakan bentangan suatu kabel yang kedua ujungnya ditutup, dimana sepanjang kabel terdapat node-node. Signal adalam kabel dilewati satu arah sehingga memungkinkan terjadinya collision.
2.      Topologi ring, yaitu jaringan berupa lingkaran tertutup yang berisi node-node. Signal mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision.
3.      Topologi star, dengan node yang berkomunikasi langsung  dengan node lain melalui central node dan diteruskan ke node tujuan. Jika salah satu segmen kabel putus, jaringan lain tidak akan putus.
4.      Topologi tree, yaitu stasiun yang kedudukannya lebih tinggi menguasai stasiun dibawahnya.
5.      Topologi mesh, menerapkan hubungan antarsentral secara penuh.
6.      Topologi hybrid, merupakan topologi gabungan dari beberapa topologi yang telah ada, yang bisa memadukan kinerja dari beberapa topologi yang berbeda.
                                            KECEPATAN AKSES INTERNET
Dalam mengakses internet, akan ada akses kecepatan internet yang sangat penting. Semakin cepat akses internet maka semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk mendownload atau mengupload sebuah file di komputermu. 
Kecepatan akses internet, biasa juga dikenal dengan istilah Kecepatan Transfer data, kecepatan koneksi atau lebar bandwidth, diukur dengan besar data yang dapat di lewatkan melalui jaringan dalam satuan waktu.
Besar data yang di lewatkan melalui jaringan di ukur dengan satuan Bits.Bits berasal dari kata Binary Digits. Satuan lain yang sering digunakan adalah Kilo Bits per second (kbps), Mega Bits persecond (Mbps), Dan Giga Bits persecond (Gbps).
1 kbps              = 1.000bps
1 Mbps            = 1.000.000bps
1Gbps              = 1.000.000.000bps
Bandwidth yang ditawarkan oleh ISP bergantung dari tipe koneksi yang kita beli atau sewa yang pada dasarnya terbagi menjadi 2 macam.Yaitu :
  1. Dial-Up, menawarkan 64 kbps, sering disebut sebagai koneksi kecepatan rendah.
  2. Broadband, juga disebut jalur pita lebar. Menawarkan kecepatan lebih tinggi mulai dari 384 Kbps hingga hitungan Mbps.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet
1)      Perangkat komputer yang kita gunakan
2)      Modem
3)      Besar Bandwidth
4)      Jarak ke server
5)      Kondisi server itu sendiri
6)      Kondisi sinyal yang didapat
7)      Ukuran data yang didownload, dll
Dalam konfigurasi sebuah sambungan ke internet terdapat beberapa unsur penting, yaitu : Komputer, Internet (biasanya melalui sebuah ISP), modem.

HARDWARE UNTUK MENGAKSES INTERNET
a.      Komputer, merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet.
b.   Modem, berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan. Sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
c.    Hub & switch, untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN.
d.   Bridge, untuk mengahubungkan dua jaringan yang memiliki segmen yang sama. Dan juga melakukan transmisi ulang paket data dari satu segmen ke segmen yang lain.
e.    Router, untuk menghubungkan dua jaringan yang memiliki segmen yang berbeda.
f.     Repeater, untuk memperkuat sinyal dari sebuah segmen jaringan ke segmen jaringan lainnya.
g.    Crimping tools, untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi Networking.
SOFTWARE UNTUK MENGAKSES INTERNET
  1. Sistem operasi, merupakan bagian yang paling penting sebelum melakukan koneksi internet, karena tanpa sistem ini komputer tidak ada artinya sama sekali.Contohnya Windows 95.
  2. E-mail client, berfungsi untuk mengelola e-mail (electronic mail), contohnya Microsoft Out Look Express, Microsoft Office Out Look, Mozzila Thunderbird.
  3. Instant Messaging Client merupakan sarana berkomunikasi langsung atau mengobrol melalui keyboard, obrolan diketik lalu dikirim kelawan bicara. Ini dikenal dengan istilah Chatting. Contohnya Yahoo messenger, mIRc.
  4. Web Browser, adalah software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Contohnya Internet Explorer, Mozzila Fire Fox, Opera, Google Crome
AKSES INTERNET
Macam-Macam Browser
            Menjelajah internet dikenal dengan istilah browsing, yang artinya mencari informasi dengan mengunjungi situs-situs yang ada di internet. Halaman web yang dikunjungi akan ditampilkan dengan menggunakan perangkat lunak yang disebut browser.
  1. Internet Explorer
  2. Mozila Firefox
  3. Opera
  4. Google Chrome
            Meskipun berbeda-beda tampilan browser di atas pada prinsipnya adalah sama. Setiap browser dilengkapi dengan komponen-komponen standar, seperti bar judul, control jendela, bar menu, toolbar, croll bar, dan status bar.
  1. Title bar atau bar judul terdapat pada bagian paling atas jendela browser. Pada bagian paling kiri, berisi halaman yang sedang ditampikan di jendela Internet Explorer.
  2. Menu bar, merupakan tempat menu-menu yang terdapat di jendela browser. Diantaranya menu File, Edit, History, View, Tools, Help.
  3. Toolbar digunakan untuk menempatkan tombol-tombol perintah yang dimiliki browser. Diantanya; Back, digunakan untuk kembali ke halaman web yang dibuka sebeumnya. Forward, digunakan untuk kembali ke halaman web berikutnya yang pernah dibuka. Refresh, digunakan untuk mengulangi proses pemanggilan sebuah halaman web. Stop digunakan untuk menghentikan proses loading sebuah halaman web.
Mengakses Web Melalui URL
  1. URL ( Uniform Resource Locator )
Setiap dokumen hypertext atau hypermedia di internet memiliki alamat yang unik dan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya yang disebut URL. Pada dasarnya URL memiliki bentuk; protocol://hostname/[path/[filename]]
a.      Protocol adalah metode atau mekanisme yang sudah distandarkan untuk mentransfer data
b.      Hostname adalah alat yang memiliki IP ( internet protocol ) address disuatu network TCP/IP.
c.       [path/[filename]] adalah lokasi penyimpanan dan nama pada suatu server.
LAYANAN INTERNET
A.    E-Mail (Electronic Mail)
E-mail adalah fasilitas yang digunakan untuk mengirim dan menerima surat melalui internet. Ada 3 jenis e-mail yang digunakan oleh pengguna internet, yaitu web based mail, pop mail, dan e-mail forwarding.
1)      Web Based Mail, adalah e-mail yang berbasis web, dimana semua kegiatan surat menyurat dilakukan melalui web mail. Untuk menggunakan e-mail jenis ini kita harus terhubung dengan internet dahulu.
2)      Pop Mail, adalah e-mail yang berbasis client. Kita dapat menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan internet. Untuk memakai e-mail jenis ini, kita memerlukan software khusus untuk pop mail, misalnya Microsoft Outlook dan Eudora.
3)      E-mail Forwarding, adalah layanan e-mail yang digunakan untuk meneruskan e-mail ke alamat e-mail yang lain. E-mail ini sangat cocok bagi orang yang sering berganti-ganti alamat e-mail atau yang memiliki banyak alamat e-mail.
B.    Search Engine
Search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia di dunia maya. Berikut ini merupakan situs search engine yang banyak diakses oleh pengguna internet.
1)      www.google.com
2)      www.yahoo.com
3)      www.wisenut.com
4)      www.alltheweb.com
5)      Altavista.com
C.     WWW (World Wide Web)
WWW merupakan salah satu bagian yang paling banyak menarik di internet.yaitu fasilitas layanan yang dapat mengakses informasi atau data yang tidak hanya berupa teks, melainkan juga gambar, video, suara, dll. Untuk dapat mengakses layanan www dari sebuah komputer, kita dapat menggunakan program web client yang disebut web browser seperti Internet Explorer.
D.    Mailing List (Milis)
Milis adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok. Milis mempunyai alamat sendiri, yang disebut alamat milis.Milis banyak digunakan sebagai sarana komunikasi antara anggota kelompok.Milis juga dapat menjadi tempat untuk berdiskusi, berbagi cerita, dan sebagainya.Website yang menyediakan layanan milis yaitu YahooGroups, PlasaGroups, dll.
E.     Layanan Chatting
Aplikasi chatting dikenal dengan IRC (Internet Relay Chat), yaitu percakapan online pada internet yang biasa digunakan dengan pengguna lain. IRC menyediakan banyak channel atau chat room (ruang untuk bercakap-cakap). Ada beberapa faktor yang menyebabkan pengguna tidak dapat bergabung dengan channel IRC tertentu, yaitu;
  1. Channel di Banned
  2. Pengguna terkena kick atau kill dari operator
  3. Koneksi ditolak
F.     Video Conference
Teleconference atau dikenal dengan video conference merupakan fasilitas internet yang digunakan untuk berkomunikasi antarpeguna internet. Untuk menggunakan fasilitas ini, diperlukan perangkat tambahan seperti kamera (webcam), microfon, speaker, dan program aplikasi teleconference misalnya; NetMeeting, Gnomemeeting, dan Skype.
G.    FTP ( File Transfer Protocol )
FTP merupakan protokol yang digunakan untuk melakukan transfer dari suatu komputer ke komputer lainnya. Melalui FTP kita dapat menerima atau mengirim file seperti program, teks, gambar, suara, video, dan lain-lain. Adapun program aplikasi untuk FTP yaitu CuteFTP.
H.    E-News ( Electronic News )
E-News merupakan penyampaian Informasi dengan menggunakan teknologi internet.Newsgroup adalah bentuk popular dari komunikasi dengan kombinasi yang banyak intelligence pada setiap topik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources